Kamis, 08 Maret 2012

ANALISIS WEB PRINCIPLES OF UI DESIGN

 


Apple adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer.
·        Accessibility
Website apple.com ini memiliki design yang usable, tetapi bagi kalangan tertentu design dari website ini terlihat sangat ekslusif, karena lebih mengedepankan brand product Apple itu sendiri. Sehingga untuk masyarakat awam sulit untuk bisa menggunakan.

·        Aesthetically Pleasing
Website Apple.com ini memiliki  Aesthetically Pleasing yang baik karena tata letak dan pemilihan warna yang sangat sederhana dan berkesan elegan.

·        Availability
Website Apple.com ini memberikan kemudahan bagi user dalam menerima informasi.

·        Clarity
Website Apple.com ini secara visual sudah memberikan tampilan yang  dinamis dengan penempatan content menu yang sesuai dengan pilihan warna dan kesesuaian tema.

·        Kesesuaian
Website apple.com ini sudah dikatakan sangat menyesuaikan dalam perancangan dan tampilan produk sehingga sangat menarik dan memudahkan kita untuk mengetahui suatu produk dengan detail karena telah di sesuikan dan di kelompokan.

·        Konsistensi
Website apple.com ini sudah sangat konsitensi dalam berupa design dalam tampilan info produk mereka, jadi bagi para costumer tidak asing lagi dengan semua ini.

·        Fleksibilita
Website apple sudah memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengakses website karena desain, tata letak konten, dan pemilihan warna yang tepat membuat pengguna menjadi nyaman dalam mengakses web dan melakukan e-commerce sebagai salah satu fungsi dari web apple tersebut.

·        Forgiveness
Apple.com meminimalisir pemberitahuan forgiveness dengan desain dan site map web yang teralur dengan baik.

·        Immersion
Perpaduan antara content dan design yang saling bersinergi membuat akses web menjadi nyaman dan familiar.

·        Obviousness
Desain apple.com sudah mampu mencitrakan diri kepada pengguna web tersebut bahwa pengguna dapat mendapatkan informasi dan produk yang menjadi konten dari web tersebut.

·        Operability
Tampilan apple.com sederhana dan elegan sehingga memudahkan user dalam mengoperasikan web.

·        Perceptability
Dari segi pemahaman user, apple.com dapat dipahami oleh user yang menguasai bahasa inggris dengan baik, karena apple.com tidak menyediakan content bahasa pilihan di websitenya. Untuk membantu pemahaman pengguna apple.com menyediakan content help dan sitemap.

·        Predictability
Apple.com sudah dapat mengantisipasi progresi natural dengan meyediakan elemen layar yang dapat dibedakan dan dikenali, juga menyediakan gambaran tentang hasill dari aksi yang akan dilakukan.

·        Responsiveness
Di website apple.com ini secara umum sudah memenuhi kategori responsivenes karena website tersebut memberikan respon-respon yang baik seperti tampilan-tampilan yang tidak menyulitkan pengguna, tetapi dari segi cepat atau tidaknya memberikan respon itu tergantung koneksi internet yang dimiliki user karena ini merupakan halaman web bukan aplikasi dekstop. Apabila internet yanng dimiliki user dalam kondisi baik atau stabil, maka halaman yang dibuka userpun akan merespon dengan cepat dan sebaliknya.

 ·        Safety
Pada apple.com ini sudah memenuhi kategori safety, dengan tampilan tampilan yang mudah dimengerti oleh user maka akan melindungi user dari kesalahan dalam mengoperasikan website tersebut.

·        Simplicity
Apple.com sudah dapat mengantisipasi progresi natural dengan meyediakan elemen layar yang dapat dibedakan dan dikenali, juga menyediakan gambaran tentang hasill dari aksi yang akan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar