Selasa, 28 Februari 2012

"How do we connected to internet?"

Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Jaringan adalah sebuah himpunan komputer yang dihubungkan dengan kabel sehingga komputer satu dengan komputer lainnya dapat saling komunikasi, bertukar informasi sharing file, printar.

Untuk dapat koneksi ke internet ada 2 cara :

1. Menghubungkan komputernya dengan internet serfice provider (ISP)
Langkah-Langkah
Yang pertama kita harus berlayanan dulu dengan pihak yang menyediakan layanan ISP.ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan.setelah anda berlayanan dengan ISP maka Pihak ISP akan memberi account untuk anda login. setelah itu pasang modem ke computer kita.kemudian install software yang sudah di sediakan oleh pihak ISP.setelah itu anda harus melakukan setting modem dan router.tapi biasanya petugas ISP akan datang ke rumah atau kosan kita untuk melakukan setting router dan modem  jadi kita tinggal memberi account yang mereka berikan.setelah setting ISP selesai maka  kita sudah dapat menggunakan Internet untuk masalah hardware dan software  kita menggunakan modem,router,hub,kabel Land dan software yang di sediakan oleh pihak ISP.

2. Menghubungkan komputernya dengan jaringan komputer yang sudah tergabung dengan internet (sharing koneksi).Adapun perangkat keras yang di butuhkan untuk koneksi seperti ini adalah NIC (Network interface card),kabel penghubung dan konsentrator.Biasanya NIC yang di pakai adalah Ethernet card dengan menggunakan kabel UTP yang di hubungkan ke konsentrator yang bisa berupa Hub,switc,atau Router.sharing koneksi seperti ini dapat menghemat biaya internet,tetapi dalam kecepatan aksesnya semakin banyak yang menggunakannya maka kecepatan aksesnya semakin kecil.

 
Untuk bisa terkoneksi dengan internet ada beberapa peralatang yang harus disediakan. Peralatan itu bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.
Yang pertama adalah perangkat keras. Perangkat keras atau hardware iyang minimal harus ada yaitu:
Komputer /PC
Komputer adalah perangkat yang paling utama. Spesifikasi computer yang digunakan dan koneksi melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja dalam mengakses internet. Adapun spesifikasi computer yang digunakan antara lain sebagai berikut:
a.       Komputer minimal Pentium III, Processor 500MHz.
b.      RAM minimal 64MB.
RAM atau yang juga disebut dengan memori digunakan untuk menyimpan masukkan data dan perintah yang bersifat sementara.
c.       Hardisk minimal 10GB.
d.      VGA(Video Graphic Adapter)Card, minimal 4MB
e.       Ethernet Card
f.       Monitor
g.      Modem(Modulator Demodulator)
Modem berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Komputer bekerja hanya mengenal bilangan digital, gelombang pada jaringan telepon adalah gelombang analog, untuk dapat oleh komputer penerima maka gelombang tersebut diubah menjadi sinyal digital oleh modem. Sebaliknya ketika komputer bekerja dengan bilangan digital dan ketika data akan dikirim ke pengguna lainnya dalam internet, sinyal digital akan diubah menjadi gelombang analog oleh modem.
h.      Router
Router adalah alat penghubung antara LAN dan internet yang merutekan transmisi antar keduanya.
i.        Saluran Telepon(Line Telephone)
Selain modem sebagai perangkat keras yang dapat menghubungkan komputer ke Intenet, diperlukan line telepon. Selanjutnya pengguna komputer harus mendaftar ke ISP yang melayani akses dial up misalnya indosat, telkom dan cbn. Saat ini, dengan line telepon dan modem dial up, kita tidak diharuskan mendaftar lagi ke ISP, yaitu dengan menggunakan paket telkomnet instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. Sedangkan untuk jaringan internet lainnya untuk modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP misalnya cbn.net dan Indosatnet.

            Tidak hanya perangkat keras yang diperlukan sebagai syarat untuk dapat tersambung dengan internet. Perangkat lunak juga sangat diperlukan. Adapun software yang diperlukan untuk mengakses internet yaitu:
a.       OS(Operating System)
OS digunakan sebagai tempat dimana aplikasi-aplikasi bisa berjalan, ada berbagai macam OS diantaranya; UNIX, DOS, Microsoft Windows, Apple Machinttos , Linux, Solaris,Free BSD
b.      Browser
Browser adalah alat uuntuk akses pada jaringan atau saluran internet. Jadi kita tidak akan mungkin bias melakukan surfing, cek email dan lain-lain di computer apabila tidak ada browser. Adapun macam-macam browser adalah sebagai berikut; Internet Exploler, Mozilla Firefox, Google Chrome, Netscape Navigator, OperaMini

            ISP(Internet Service Provider) adalah badan atau organisasi yang menyediakan pelayanan jasa internet. Jika kita ingin mengakses internet dan terhubung dengan jaringan telepon melalui modem. Macam-macam ISP seperti; Indosat, Indosat.net, Lintas Artha, Rednet, Wasantara.net, Meganet, Elganet, atau melalui Telkomnet(telkomnet@instan) tanpa harus mendaftar dan membayar biaya langganan(abonemen) kecuali pemakaian pulsa telpon dan langsung ditagih melalui tagihan rekening telpon masing-masing.

SUMBER :

4 komentar:

  1. yang saya minta adalah esay dan hrs mencakup semua keyword yg saya sebutkan :)

    BalasHapus