Selasa, 13 November 2012

Cara Memelihara agar Ginjal tetap Sehat


Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih. Fungsi utama sistem organ yang kompleks ini adalah membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah. Ginjal juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin yaitu menghasilkan hormon yang penting bagi pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah serta pembentukan tulang. Untuk menjaga agar ginjal selalu sehat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.




1. Stop rokok 
Hasil studi yang dipublikasikan oleh American Physiological Society pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor utama yang menyebabkan gangguan ginjal.


2. Serba terkontrol
Kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol harus selalu terkontrol berada takaran normal. 
3. Sesuaikan pola makan

Lihat kembali pola makan Anda dan ubah menjadi sehat, seperti menghindari soda terutama yang mengandung sirop jagung. Pilih pepadian, buah dan sayuran organik. HIndari makanan olahan, batasi garam, ganti daging penuh lemak dengan ikan atau daging putih tanpa lemak. 
4. Singkirkan obat pereda nyeri
Jika tidak terlalu memerlukannya, hindari  mengonsumsi obat pereda nyeri, juga obat-obatan jenis nonsteorid atau NSAID. Atasi nyeri dengan cara alami, misalnya pijat dan akupuntur. 
5. Sehatkan pencernaan
Tambahkan konsumsi probiotik, prebiotik, dan makanan kaya serat. Cara ini juga baik untuk mengurangi efek buruk pestisida yang ada pada makanan. 
6. Segarkan tubuh
Caranya dengan minum air sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari. 
7. Sering bergerak
Jangan malas berolahraga. Jalan kaki 4-5 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kesehatan detak jantung, yang juga baik untuk ginjal Anda. 
8. Sadari efek alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, salah satu masalah yang bisa berujung pada ganguuan ginjal. Juga membuat orang sering berkemih, sehingga beresiko mengalami dehidrasi. 
9. Senyum dan bernyanyilah
Intinya adalah melakukan hal menyenangkan setiap hari untuk meredakan stres. Anda bisa bermusik sambil bernyanyi, murah senyum, tertawa bersama keluarga maupun teman. 
10. Minum Banyak Air
Tubuh terdiri atas 60%–70% air. Tanpa air, sel tidak akan bertahan hidup dan proses biokimia dan fisiologis dalam tubuh tidak akan bekerja dengan benar. Pakar kesehatan menganjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas per hari. Konsumsi air mineral dua gelas saat bangun tidur, satu gelas sebelum dan sesudah makan, dan dua gelas sebelum tidur. 
11. Perhatikan Apa Saja Yang Masuk Dalam Tubuh.
Ginjal adalah obat penyaring dalam tubuh. Jika yang masuk adalah “racun”, akan segera dikeluarkan oleh ginjal.
Namun bisa terjadi, “racun” itu sendiri kemudian merusak ginjal. Akibatnya, proses penyaringan ini akan terganggu. “Racun” bagi ginjal yang masuk bisa berasal dari berbagai zat, yang kelihatannya tidak beracun, seperti makanan, minuman, dan obat-obatan. 
12. Kurangi Makanan Asin
Natrium klorida adalah nama kimia dari garam. Natrium dan klorida adalah elektrolit dan bertanggung jawab dalam mempertahankan neraca air elektrolit dan keasaman serta kebasaan darah.
Jika mereka tertelan secara berlebihan, mereka dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan menyebabkan akumulasi di ginjal, yang akhirnya akan mengakibatkan disfungsi ginjal. 
14. Hidup Sehat
Tubuh seperti satu mesin yang diminyaki. Jika satu bagian tidak berfungsi dengan baik, maka semuanya akan terpengaruh. Makan dengan baik, tidur dengan baik, dan hidup dengan baik. Daging lemak dapat menyebabkan beberapa penyakit. Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar